10 Tip Memulai Bisnis Online, Nomor Tiga Luar Biasa Banget

10 Tip Memulai Bisnis Online, Nomor Tiga Luar Biasa Banget

LITLIFE.ID, - Tidak ada kata terlambat untuk memulai bisnis online. Industri e-commerce di Indonesia masih akan terus tumbuh, dan menarik minat investor asing untuk berinvestasi.

Bagi kalian yang berminat berjualan secara online, langkah Ferry Hardiansyah – mantan karyawan yang sukses berdagang di dua marketplace; Tokopedia dan Shopee – patut ditiru. Ferry memulai bisnisnya dengan modal Rp 2 juta. Kalian pun bisa memulainya dengan jumlah modal yang sama, atau mungkin lebih kecil lagi.

Menurut Ferry, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai berjualan onlime. Pertama, bukat akun aplikasi di situs jual-beli online lewat laptop atau warung internet, dan siapkan gawai mumpuni agar bisa mengontrol akun dari mana dan kapan saja.

Kedua, promosikan akun ada lewat media sosial dan blog, serta pastikan kuota pulsa selalu cukup untuk berkomunikasi dan membuka akun.

Ketiga, tentukan pilihan; menjadi reseller atau dropshipper. Pilihan apa pun, kalian tidak perlu mengeluarkan modal. Menjadi reseller akan membuat kalian sibuk cari pembeli, dan menginformasikan adanya adanya calon pembeli kepada pemilik barang. Menjadi dropshipper membuat kalian boleh mengambil barang dan menjajakannya. Jika tidak laku barang dikembalikan.

Keempat, tentukan barang yang akan dijual, analisa peluang dan kebiasaan konsumen produk yang kalian jual, serta hitung persentase peluang keberhasilannya.

Kelima, buat katalog produk dan pasang di kios online, blog, dan akun media sosial yang menyediakan fasilitas gratis. Pemasangan di media sosial harus disertakan kegunaan produk yang kalian tawarkan.

Keenam, bagian katalog penjualan lewat situs jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, dan lainnya. Masuk ke grup penjualan. Semua ini bisa dilakukan tanpa biaya.

Ketujuh, gunakan layanan chat berbalas pada media sosial; Yahoo Messenger, Line, Whatsapp, Facebook Chat, BBM, dan lainnya. Jangan lupa mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi setiap saat.

Kedelapan,  aktif dan ramah. Berikan informasi tentang produk kepada calon pembeli, sebagian upaya menarik pengunjung ke akun di situs jual-beli online. Buat calon pembeli terus berbisnis dengan kalian.

Kesembilan, jangan bosan mencari tahu produk yang sedang hits bagi pasar online. Jangan pula malas mengamati semua produk yang sedang laris di luar negeri, dan diperkirakan akan segera masuk ke Indonesia. Biasakan mencatat barang yang kurang laris di pasaran, dan sulit terjual.

Kesepuluh, biasakan membaca tip-tip pebisnis online sukses. Jangan lelah membuka akun kios lain untuk membandingkan harga harga. Bukankah calon konsumen juga melakukan hal serupa. Perlu diketahui, perbedaan harga sedikit saja akan membuat calon pembeli pindah ke lain hati.

Demikian 10 tip memulai bisnis online. Ingat, jangan ragu untuk memulai dan usahakan focus. Selamat berusaha.

Share:

Artikel Terkait: